Jumat, 05 Juni 2015

curhatan panjang anak kuliahan #semesterakhir

sebagai mahasiswa tingkat akhir seharusnya gue udah mulai berusaha kayak apapun caranya buat bisa keluar dari fakultas gue dengan cara yang baik lah. maksud gue, wisuda. jadi mahasiswa ada enaknya ada nggaknya. enaknya gue jadi kelihatan sangat berwibawa, pintar, dan kece *ehm (btw ini kalau dilihat dari penampilan luar sih). nggak enaknya ketika tugas numpuk, laporan dan sekarang gue harus mikirin tugas akhir gue yang ntah kenapa selalu bermasalah. Tuhan lagi nguji gue kakayknya.

sebenarnya gue tau gue gak boleh ngeluh, dan gak boleh nyerah. tapi sekali lagi kawan terkadang saya juga lelah untuk menjadi kuat. dimana gue selalu mendam semuanya sendirian, dan akhirnya gila sendiri. kadang gue ngerasa kena bipolar syndrome deh! amit-amit!.

gue udh bebas dari praktikum (finally.... :D) dan sekarang tinggal 3 mata kuliah dan ngerjakan tugas akhir. dimana inia yang jadi masalah gue. gue sadar kok, dari dulu gue malasnya gak ketulungan, sampai-sampai gue aja nangis mohon sama Tuhan biar gue gak malas, dan ntah kenapa gue masih gini-gini aja (serius gue nangis). karena masalah inilah, gaue jadi telat di bandingkan sama teman-teman gue, terkhusus bebeb tersayang. yah sudahlah mau kayak apa? gue udah usaha kok.

di fakultas gue tercinta ini mau seminar proposal aja sidangnya sampai 3x! sidang 1a: judul, sidang 1b: tipus dan tujuan, sidang 1c: prosedural, habis itu baru seminar. gue sebenarnya udah mulai nyusun dari tahun kemarin dan ternyata metode penelitian gue dipakai sama temen gue. yh gak papa lah, itung-itung gue saat itu memang mau ganti judul. semester ini gue sudah menetapkan hati gue mau serius. hasil dari keseriusan gue adalah akhirnya gue bisa sidang 1a. mau lanjut sidang 1b, masalah muncul....

dunno why, judul gue dipakai sama temen gue yang ternyata sudah mau seminar hasil. Fuck man!! (no sensor this time cause i'm so fucking angry). oke gue gak mungkin marah kalau cuma gini aja gue gak mungkin marahlah. nah ini yang bikin gue marah. judul itu adalah judul dosen gue yang sarankan buat gue. karena judul itu pula, gue jadi penelitian duluan tanpa harus ngerjain tinjauan pustaka. saat penelitian berlangsung, ada juga teman gue itu, cuma bedanya, gue paka pelarut n-hexan dia etil asetat. jujur gue sudah ada hasil dan menurut dosen gue itu juga hasil yang bagus. gue seneng dong. sampai akhirnya penelitian itu berhenti karena gue sibung ngurus mau sidang (yang gue gak sidang-sidang :P). hasil gue itu si temen gue ini yang pegang. awalnya sih baik. karena emang dia orangnya baik, gue jadi gak kepikiran yang aneh-aneh. sampai kejadian hari ini. 

syarat seminar oral adanya poster yang sudah berisi isi penelitian, hasil, dan pembahasan. yang gue gak nyangka adalah, ketika gue liat posternya temen gue ini dia pakai setengah dari hasil gue yang gue kira dengan baiknya dia simpankan.

jujur, gue sedih, gue marah, gue kesel, rasanya mau nampar anak itu aja. gue berusaha berfikir positif dengan kejadian kayak gini. tapi gue sakit hati lah! loe bayangin, semalaman begadang di laboratorium, makan gak jelas, tidur cuma 30 menit. dan itu nyaris gue lakukan selama 1 bulan! notolin plat KLT sendirian, ganti vial, dan ini yang gue dapetin?! FUCK MAN!! gak gini caranya buat lulus cepat!!

gue sadar, gue salah juga, kenapa juga gue langsung gak ngurusin proposal gue, kenapa juga gue percaya dia, dan lain-lain dari pikiran gue. satu hal yang gue percaya saat ini adalah: JANGAN PERNAH MEMPERCAYAKAN PENELITIAN KALIAN SAMA ORANG YANG GAK TERLALU KALIAN KENAL DENGAN BAIK.

sesorean gue nangisin masalah ini. gue gak tau harus bikin apa lagi? gue lelah. rasanya, gue udah bangun tembok semangat tinggi-tinggi dapi diruntuhin gitu aja tanpa ada pemberitahuan. gue gak tau harus bilang apa ke orang tua gue yang selama ini doain gue biar cepat DO terhormat dari kampus. gue gak tau apa lagi yang bakal mereka ceramahin ke gue. gue udah mikirin yang aneh aneh, dan gue sedih kerena hal itu.

kalau ngerasa gue terlalu serius, well, gue terlalu santai dalam ngejalanin hari-hari gue. ntah kurang santai apa lagi. terlalu santai mungkin. haha, mungkin saja.

kejadian ini yang paling parah dari sebulanan ini. dari hal ini gue kembali ke hobi lama, gambar (yang gue perbarui style-nya), dan gue mulai nulis puisi lagi. mungkin gue harus ganti profesi dari mahasiswa-peneliti menjadi seorang penulis puisi? hahahaha, bisa jadi.

semoga sajalah gue bisa cepat lulus, dan masalah ini segera selesai. amin!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar